PT XL Axiata Tbk
Tentang PT XL
Axiata Tbk:
PT XL Axiata Tbk merupakan perusahaan
operator telekomunikasi seluler yang beroperasi di Indonesia. Saham mayoritas
perusahaan ini dimiliki oleh Axiata Group Berhad sebesar 66,55% dan sisanya
milik publik sebesar 33,45%.
Selain produk GSM PT XL Axiata Tbk juga
menyediakan layanan Internet Service Provider (ISP) dan VoIP. PT XL Axiata Tbk
juga telah mengakuisisi Axis Telekom Indonesia, sehingga dengan adanya
penggabungan perusahaan, membuat produk dan pemasaran PT XL Axiata Tbk semakin
kuat.
Sejarah
Dengan pengalaman lebih dari 17 tahun
beroperasi di pasar Indonesia, PT XL Axiata Tbk. (¿XL¿) merupakan salah
satu penyedia layanan seluler terkemuka di Indonesia. Saat ini, XL dipandang
sebagai salah satu penyedia layanan seluler untuk Data dan Teleponi terkemuka
di Indonesia.
XL
memulai usaha sebagai perusahaan dagang dan jasa umum pada tanggal 6 Oktober
1989 dengan nama PT Grahametropolitan Lestari. Pada tahun 1996, XL memasuki
sektor telekomunikasi setelah mendapatkan izin operasi GSM 900 dan secara resmi
meluncurkan layanan GSM. Dengan demikian, XL menjadi perusahaan swasta pertama
di Indonesia yang menyediakan layanan telepon seluler.
Di
kemudian hari, melalui perjanjian kerjasama dengan Grup Rajawali dan tiga
investor asing (NYNEX, AIF dan Mitsui), nama Perseroan diubah menjadi PT
Excelcomindo Pratama.
Pada
September 2005, XL melakukan Penawaran Saham Perdana (IPO) dan mendaftarkan
sahamnya di Bursa Efek Jakarta (BEJ) yang sekarang dikenal sebagai Bursa Efek
Indonesia (BEI). Pada saat itu, XL merupakan anak perusahaan Indocel Holding
Sdn. Bhd., yang sekarang dikenal sebagai Axiata Investments (Indonesia) Sdn.
Bhd., yang seluruh sahamnya dimiliki oleh TM International Sdn. Bhd. (¿TMI¿)
melalui TM International (L) Limited. Pada tahun 2009, TMI berganti nama
menjadi Axiata Group Berhad (¿Axiata¿) dan di tahun yang sama PT Excelcomindo
Pratama Tbk. berganti nama menjadi PT XL Axiata Tbk. untuk kepentingan sinergi.
Saat
ini, mayoritas saham XL dimiliki oleh Axiata melalui Axiata Investments
(Indonesia) Sdn. Bhd (66,43 persen) dan sisanya dipegang oleh publik (33,57
persen).
Visi dan Budaya
Korporat:
Visi :
Menjadi yang terdepan dalam memberikan
pengalaman menggunakan mobile internet yang mudah dengan harga yang lebih murah
untuk masyarakat Indonesia dimana Brand XL memiliki daya tarik yang kuat untuk
anak muda. Misi yang diwujudkan dengan nilai-nilai seperti: Integritas,
Kerjasama dan Playanan Prima
Budaya Korporat :
Empat nilai utama XL yang disingkat sebagai “ITS XL”
terdiri dari:
1. UNCOMPROMISING INTEGRITY
Memiliki
standar etika tinggi, tidak ada toleransi terhadap perilaku yang tidak etis.
2. TEAM SYNERGY
Penuh semangat bekerja-sama, memastikan
semua proses dilakukan demi mencapai tujuan bersama.
3. SIMPLICITY
Melakukan yang terbaik untuk memberikan
solusi yang mudah digunakan dan melebihi harapan pelanggan
4. EXCEPTIONAL PERFORMANCE
Selalu semangat dalam memberikan
kinerja terbaik.
Transformasi
Teknologi berada dalam fase percepatan
yang terus mendorong kita pada era digital global. Perubahan demi perubahan
mutlak dilakukan agar kami tetap berada dalam momentum adaptasi yang terfokus
pada masa depan. Menjadikan layanan dan kultur data sebagai pondasi organisasi
untuk pengembangan struktur bisnis yang kuat.
Aliansi
Sebagai penyedia teknologi seluler, kami
perlu cepat beradaptasi terhadap perubahan perilaku konsumen dan penggunaan
teknologinya. Dengan semangat ini, keikutsertaan dalam aliansi dan berbagai
kerja sama perlu dijalin agar kami dapat menghadirkan layanan yang terbaik
Berdiri sejak Juni 2014, Qorus Mobile
Alliance adalah wadah bagi berbagai operator seluler terkemuka di dunia untuk
berkolaborasi dalam industri telekomunikasi dan digital untuk meningkatkan
produk serta layanan yang diberikan kepada konsumen. Saat ini, Mobile Alliance
telah memiliki lebih dari 300 juta pelanggan yang tergabung dari seluruh
anggota aliansi.
Bidang Usaha PT XL
Axiata Tbk:
Operator Seluler
Produk PT XL
Axiata Tbk:
Kart GSM XL
Layanan GSM Korporat (CUG-GSM, Integrasi PABX, Roaming
Internasional)
Layanan Data Korporat (Paket data dan Blckberry)
Jaringan Domestik (Collocation, IP/VPN-MPLS, Leased
Line)
Jaringan Internasional (Leased Line Internasional dan
IP/VPN MPLS Internasional)
Gaji PT XL Axiata
Tbk:
Call Center Staff Rata – rata 4
juta/bulan
Administrasi Rata –
rata 4 juta/bulan
Assistant Manager Rata – rata 12
juta/bulan
sumber : http://www.xl.co.id/corporate/id/perusahaan
Comments
Post a Comment